GUNUNG CIREMAI.


Salam Lestari,

Sambil nahan nyeri di kaki, dari pada terus di rasa mendingan posting cerita tentang Gunung Ciremai.

“Satukan Langkah Peduli Kelestarian Alam Indonesia” itulah tema acara Pendakian Bersama Peduli Ciremai II 2013 yang di laksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Mei 2013 oleh Komunitas Pecinta Gunung Kuningan.

Jum’at tanggal 24 Mei 2013 Pukul 08.00 saya tiba di Kampus SMKN 1 Cilegon, setelah 3 hari mengikuti kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Karir Tenaga Administrasi Sekolah” walau badan ini masih terasa capek, tapi semangat untuk mendaki Gunung Ciremai, mengalahkan rasa capek ku.

Pukul 17.00 WIB saya bersama rekan saya Bang Rouffurrohim meluncur dari Cilegon menuju Pulogadung, disana sudah menunggu rekan Bang Rouf yang hendak ke Gn. Ciremai juga.

Nampaknya Dewi Fortuna tidak memihak ke kami, perjalanan kami mengalami kemacetan sehingga kami sampai di Pulogadung sekitar jam 11 malam.

Akhirnya sampai juga di Pulogadung, Bang Rouf langsung Calling temannya. setelah contek2 ketemu sambil kenalan “Andi”, sapa salah satu teman bang Rouf yang berperawakan Besar. (Sory Bang Andi hee🙂 ). Apri, Anas, Sifa. berurutan sambil jabat tangan. Yah, kami berjumlah 6 orang. rasanya ada yang kurang deh, ya saya belum ngenalin diri, perkenenalkan nama saya Mubarok.

“Oke, berangkat ” ajak Bang Andi.

Kamipun langsung menuju mobil jurusan Kuningan…yah tujuan kami yaitu Cilimus Kuningan. Kami akan mendaki Gunung Ciremai melalui jalur Linggarjati.

100 0721

100 0718

Suasana Mobil yang kami Tumpangi

Ini adalah pengalaman pertamaku naik mobil yang suasananya begitu riwuh untuk di ceritakan. kurang lebih 10 jam dari Pulogadung ke arah Kuningan. Akhirnya kamipun sampai di Linggarjati , tempat yang penuh dengan sejarah. Kami naik angkot menuju Pos Linggarjati.

Akhirnya Sampai juga di POS PENDAKIAN JALUR LINGGARJATI, disini kami prepare sebelum mendaki. Tapi gak seru yah kalo gak foto-foto. Foto dulu Akh…

100 0737

Apri, Anas, Sifa, Rouf, Mubarok dan Andi (depan)

Setelah sekiranya semua sudah ok, kamipun mulai melakukan perjalanan menuju Pos Cibunar, sekalian Ngambil Air untuk persediaan, karena sumber Air terakhir di Cibunar.

Dari Cibunar, kita akan mulai mendaki melewati ladang dan hutan pinus, dan kita akan melewati Leuweung Datar, Condong Amis dan Blok Kuburan Kuda, di ketiga tempat tadi dapat digunakan untuk ngecamp/mendirikan tenda, tapi kami tidak ngecamp, kami melanjutkan perjalanan.

100 0762

Condang Amis

Jalur akan semakin curam dan kita akan melewati Pengalap. Dikarenakan cuaca tidak bersahabat alias hujan, Kamipun ngecamp, sekitar pukul 15.00 WIB ngecamp dan akan melanjutkan pendakian kembali pukul 02.00 WIB.

100 0770

Walau masih dingin pasca hujan dan jam masih menunukan pukul 02.00 wib semangat kami untuk menuju Puncak mengalahkan rasa dingin yang kami rasakan, next trek Tanjakan Binbin dan Selanjutnya kita akan melewati Tanjakan Seruni dan Bapa Tere ( 2.025 mdpl ),

100 0790

kemudian kita sampai di Batu Lingga, dimana terdapat sebuah batu cukup besar di tengah jalur. Dari Batu Lingga kita akan melewati Sangga Buana 1 dan Sangga Buana 2, mulai di jalur ini kita bisa memandang ke arah pantai Cirebon. Burung – burung juga akan mudah dijumpai di daerah ini, dan selanjutnya kita akan sampai di Pengasinan ( 2.800 mdpl ), yang membutuhkan waktu 1,5 jam dari Batu Lingga.

100 0828

 

100 0836

Pengasinan

Dari Pengasinan menuju puncak Sunan Telaga / Sunan Cirebon ( 3.078 mdpl ) masih dibutuhkan waktu sekitar ½ jam lagi dengan melewati jalur yang berbatu – batu.

100 0799

Mengibarkan Bendera AMPALAN dan SMKN 1 CILEGON

Dari puncak, akan kita saksikan pemandangan kawah – kawah Gunung Ciremai yang menawan. Bila cuaca cerah kita juga dapat menikmati panorama yang menarik ke arah kota Cirebon, Majalengka, Bandung, Laut Jawa, Gunung Slamet, dan gunung – gunung di Jawa Barat. Pemandangan lebih menarik akan kita jumpai pada waktu matahari terbit dari arah laut Jawa.

100 0793

100 0821

100 0822

Namun sayang cuaca sedang buruk, sekitar Pukul 12.00 WIB , alam telah memberi tanda peringatan, kami turun ditemani Hujan.

 

Mungkin itu cerita dari saya, ini hanya sekedar cerita perjalanan saya saja, kalo ada nama tempat dan detailnya kurang lengkap mohon kritik dan saran serta koreksinya.

By:elangtakbersayap.🙂

Categories: Adventure, Elangtakbersayap | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: