ARTI& TUJUAN PSIKOTES GAMBAR


Arti dan tujuan psikotes gambar
Analisa ini berdasarkan Peneliti Jonathan Rich, Ph.D

1.Pohon anda terletak di mana pada bidang kertas?

* Di tengah
Anda praktis dan rendah hati. Sama seperti anda yang memilih di bagian tengah, anda juga menerapkan pendekatan jalan tengah. Anda menangani masalah-masalah dengan sikap mengharapkan yang terbaik dan membayangkan yang terburuk. Dengan cara ini anda siap dengan apapun yang terjadi.
* Di bagian bawah
Anda lebih suka melakukan riset terlebih dulu sebelum memutuskan apakah anda merasa yakin atau pesimistik akan sebuah solusi, ini disebabkan bagian bawah dari pertengahan halaman melambangkan pendekatan hidup yang membumi.
* Tinggi di atas
Anda melihat hikmah dari semua masalah. Semakin tinggi letak pohon anda menunjukkan sikap anda yang semakin tinggi dalam memandang hidup. Kendati pun hal-hal terjadi tidak seperti yang anda inginkan, anda memandangnya sebagai pengalaman pembelajaran.

2. Batang pohon seperti apa yang anda gambar?

* Lebar
Batang pohon melambangkan kekuatan emosional. Batang lebar berarti anda bisa tetap tenang dan tidak mudah marah. Anda pusat ketenangan di tengah badai. Pendirian anda juga kuat.
* Ramping
Anda fleksibel dan terbuka dengan pandangan-pandangan atau pendapat orang lain. Anda juga sensitif dan banyak empati untuk masalah orang lain.
* Pohon bercabang di puncak
Anda terpecah di antara beberapa pilihan hidup saat ini

3. Berapa tinggi pohon anda?

* Lebih dari setengah tinggi kertas
Menggambar pohon lebih tinggi menunjukkan hasrat untuk mencapai prestasi yang tinggi dalam hidup. Anda juga dermawan dalam soal uang. Dan dalam bekerja anda seksama serta men cek ulang untuk memastikan anda bekerja dengan baik.
* Tinggi pohon kurang dari setengah tinggi kertas
Anda puas dengan hidup ini apa adanya.anda juga hemat dan sangat efisien.

4. Pohon anda terletak di mana?

* Di tanah
Anda mendambakan rasa aman dan stabilitas. Anda menyukai kehidupan keluarga dan lebih suka pekerjaan di mana anda bisa bertahan bertahun-tahun.
* Di pot
Anda sangat sibuk bekerja sepanjang waktu. Anda senang berpergian dan bertualang, serta mengenal orang-orang baru dan tempat-tempat baru.
* Di puncak gunung
Anda mendambakan perhatian dan senang menjadi pusat perhatian. Anda adalah entertainer alamiah dan komunikator ulung yang membuat orang tertarik pada anda.
* Melayang di awang-awang (tidak ada dasarnya)
Anda impulsif dan spontan. Anda sangat mudah menjadi senang jika sesuatu mengilhami anda.
* Di pulau
Anda memerlukan banyak waktu untuk menyendiri untuk mengisi ulang energi anda, juga membantu anda untuk menemukan solusi dari masalah anda

5. Apakah pohon anda mempunyai dahan?

* Ya
Anda adalah orang yang berorientasi pada otak kiri. Dalam survei-survei, dahan-dahan digambar oleh orang yang logis dan analitis. Anda jarang kehilangan kesabaran karena anda terlalu sibuk memikirkan solusi rasional untuk semua masalah yang muncul.
* Tidak
Jika anda hanya menggambar kerangka dasar pohon, berarti anda dikuasai oleh otak kanan yang intuitif. Anda mengikuti instink-instink anda dalam segala sesuatu, mulai dari menerima pekerjaan sampai berteman dengan orang baru. Dan biasanya anda benar.

6. Pohon anda condong ke arah mana?

* Ke kiri
Anda cenderung memendam apa yang anda pikirkan. Sikap anda konsevatif dan introvert. Anda tidak menyukai guncangan-guncangan . Meskipun anda tidak setuju anda akan menyimpannya untuk diri sendiri.
* Ke kanan
Anda berorientasi pada aksi.anda akan mengatakan apa yang anda pikirkan kendatipun bertentangan dengan pandangan-pandangan orang lain.
* Lurus
Anda berada di tengah antara memendam perasaan-perasaan anda dan mengungkapkannya. Jadi anda cenderung memilih perang dengan diri anda. Anda akan bicara hanya jika masalah itu benar-benar penting untuk anda.

7. Apakah anda menggambar akar?

* Ya
Akar melambangkan keluarga dan sejarah, berarti masa lalu penting bagi anda. Anda menganggap itulah dasar dari siapa anda saat inidan membantu anda memahami diri sendiri secara lebih baik anda menyukai tradisi keluarga, resep-resep yang diturunkan dari ibu, juga pusaka/peninggalan dari keluarga anda.
* Tidak
Anda fokus pda masa depan. Anda mandiri dan senang menciptakan tradisi-tradisi baru. Anda belajar lebih banyak tentang diri anda dengan merasakan situasi-situasi baru dan bertemu dengan orang-orang baru.

8. Apakah pohon anda lebih didominasi daun (bagian daun lebih dominan) ?

* Ya
Anda adalah pemikir yang dalam. Studi-studi menunjukkan daun melabangkan pemikiran. Orang-orang yang menggambar daun adalah orang yang selalu memikirkan apa saja. Selain membuat anda suka merenung dan introspeksi, sifat ini juga membuat anda mengambil keputusan dengan hati-hati. Karena anda cenderung melihat manfaat dari semua masalah.
* Tidak
Anda cenderung memandang dunia ini adalah hitam dan putih. Kurangnya daun berarti anda tidak mudah tergoyahkan dengan banyaknya warna abu-abu dari suatu masalah. Anda tidak membuang waktu memusingkan solusi dari sebuah masalah. Anda memilih sevuah rencana aksi dan bergerak ke depan.

9. Apakan anda menggambar yang lain selain pohon?

* Buah / kacang pada pohon
Yangmembuat anda paling bahagia adalah melihat hasil pekerjaan yang dikerjakan dengan baik.
* Rumput di bawah
Anda punya rumah dimana para tamu mersa disambut baik dan keluarga anda betah tinggal disana, mebuat anda merasa paling damai.
* Ada bunga di bawah pohon
Anda paling bahagia jika dikelilingi kebahagiaan (orang-orang disekitar anda bahagia).
* Ada burung/hewan/ orang di sekitar pohon
Anda cinta pada keluarga dan teman-teman, dan itu adalah kebahagaiaan terbesar anda.
* Ada ayunan di pohon
Anda paling bahagia jika meluangkan waktu untuk bersenang-senang.

 

 

Tahap I – TES INTELEKTUAL

1. TPA (Test Potensi Akademik)
Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan analisa anda dalam memahami pola-pola/kecenderungan tertentu. Biasanya berupa deret angka, serta itung2an sederhana. Contoh :
* suatu seri 1,3,2,4,3,5, …, … Seri berikutnya adalah ? Contoh soal ada di link berikut Deret Angka/hurufl
* Pak amin beli baju 25ribu, diskon 25% untuk setiap pembelian kedua, dan tidak berlaku kelipatannya.. Pak Amin beli 3 baju, berapa total uang yg ia keluarkan.. Hitung Cepat

2. TPU (Test Pengetahuan Umum)
Bentuknya macam2. Ada soal pilihan ganda, sejenis teka teki silang, atau isian singkat. Tujuannya cm ingin ngetest kemampuan2 dasar, mungkin untuk menilai orang ini gaul apa autis.. Biasanya di test2 CPNS pasti keluar, bahkan di bagian perbankan, ada test pengetahuan perbankan (kata temen).
contoh :
* Terdiri dari 5 huruf, berakhiran N adalah sesuatu yang dipenuhi bungaTebak-tebakan
* Undang2 yang lagi hangat dibicarakan saat ini adalah tentang nikah ….
* Undang2 yang mengatur syariah itu UUD no…(ini keknya ujian masuk bank syariah/muamalat)

3. Test Verbal
Terdiri dari banyak kata dlm bentuk sinonim/antonim/analog kata. Yang diukur dalam tes ini adalah kemampuan logika Anda terhadap sebuah kondisi, untuk melihat sejauh mana Anda memahami sebab-akibat suatu permasalahan. Ada shortcut nya kalo buat ngelatih test ini, sering2 aja baca bagian test verbal. karena biasanya soalnya mirip2, perbendaharaan katanya sama dari masa ke masa..
Contoh :
* Tinggi : Rendah = Berat : ….
* Wanita : Kebaya = Pria : ….
* Mana yg salah diantara kata berikut : Busway, Bis, Angkot, Taksi, Truk?
Semua ada di sini Sinonim/Antonim/Analog kata

4. Deret Gambar

Selain angka, rasanya deret gambar selalu muncul baik dalam 2D maupun 3D. Ada yg dibolak balik, direfleksikan, ada juga persoalan seperti kubus berikut.

Yang ingin diukur dalam tes ini adalah kemapuan anda dalam memahami pola-pola/ kecenderungan tertentu dari gambar. Biasanya berkaitan dengan daya abstraksi dalam memecahkan masalah. Klik link terkait untuk test gambar lainnya Deret gambar I dan Deret gambar II

Keseluruhan tahap I biasanya yg jadi outputan adalah besar IQ Anda.. Misal perusahaan membutuhkan IQ minimal 110, maka yg keterima ke tahap berikutnya ya yg IQ-nya 110 ke atas.

Nama test lainnya yang serupa dengan test intelektual, yaitu:

a. CFIT = Culture Fair Intelegence Tes; Untuk mengungkap kemampuan mental umum

b. TIU = Tes Intelegensi Umum; Untuk mengungkap kemampuan mental umum

c. TKD = Tes Kemampuan Dasar; Untuk mengukur kemampuan dasar individu

d. AA = Army Alpha; Untuk mengetahui daya tangkap/daya konsentrasi orang

e. ADKUDAG = Administrasi dan Keuangan; Untuk mengetahui kemampuan administrasi dan keuangan

f. IST = Tes inteligensi; Yang terdiri dari 9 subtes yang didasarkan pada anggapan bahwa struktur inteligensi tertentu cocok dengan pekerjaan atau profesi tertentu.
Tahap II-TES KEPRIBADIAN

1. Pauli/ Kraeplien
Biasanya orang2 nyebutnya test Koran, seperti contoh berikut:

–>

Cara ngerjain nya udah pada tau kan? Tinggal menjumlahkan 2 angka yg berdekatan lalu menuliskan hasilnya di sebelah kanan atau kiri. Untuk hasil puluhan, yg ditulis hanya satuannya saja.
Kalo Pauli isi mulai dari ujung kiri, dari atas ke bawah. Jumlah angka lebih banyak, bolak balik. tapi angka lebih besar dan enak dilihat. Instruksinya hanya menjumlah dari atas ke bawah, sampai terdengar bunyi “GARIS” lalu dilanjutin lagi. Berbeda dengan Kraeplien, dimulai sama2 dari ujung kiri, cuma dari bawah ke atas. Dan ini dibatasi waktu yg sepertinya hanya 10-20 detik, abis itu langsung ganti kolom..

Nah, inti dari test koran ini, baik pauli maupun kraeplien, adalah melihat grafik hasil hitungan, sebagai kemampuan Anda bekerja di bawah tekanan, kebenaran dalam menjumlah, sbg tingkat ketelitian selama kerja, kecepatan kerja, juga banyaknya pekerjaan yg dihasilkan.

Kalo kraeplien biasanya cm ada 4 hasil yg mungkin.. Yg kalo ditransformasikan ke dalam grafik akan membentuk grafik2 di bawah ini. Grafik ini yg biasanya menjadi kesimpulan tentang produktivitas, dan ketahanan kerja seseorang.. Grafik ini terbentuk dari lajur2 hasil penjumlahan ke atas dari kiri ke kanan

 

Belakangan kraeplien jarang digunakan karena bisa diakali. Perhitungan Pauli jg sama membentuk grafik pada akhirnya, tp sampe tulisan ini terbit, penulis belum tahu gmn cara bikin grafiknya hehe..

2. Wartegg Test

 

WARTEGG; Untuk mengetahui emosi, imajinasi, intelektual dan aktifitas subjek

Pernah ikut psikotes dan disuruh gambar atau melengkapi gambar dengan delapan kotak? Gw pernah…Ini disebut Wartegg Test

Dalam Wartegg Test, kamu akan diberikan selembar kertas yg berisi 8 kotak yg ada stimulus-stimulusnya, kemudian testee akan memberikan perintah untuk melengkapi gambar yg ada di kotak tersebut.

Isi dari masing2 gambar:

– gbr 1. berupa titik ditengah kotak: ini menyangkut hal2 yg berhubungan dengan penyesuaian diri, yaitu bagaimana seseorang menempatkan diri dlm lingkungan

– gbr 2. berupa ~ tp berada di kotak sebelah kiri: menunjukkan fleksibilitas perasaan.

– gbr 3. berupa 3 garis horisontal dr pendek, sedang tinggi sejajar: mengukur hasrat untuk maju/ambisi

– gbr 4. berupa kotak kecil di sebelah kanan: mengukur bagaimana seseorang mengatasi kesulitan

– gbr 5. seperti huruf T tp miring (susah gambarin nya): mengukur bagaimana cara bertindak.

– gbr 6. berupa garis horisontal & vertikal: mengukur cara berpikir/analisa & sintesa

– gbr 7. berupa titik2 melengkung: menyangkut kehidupan dan perasaan (apakah sudah stabil, kekanakan)

– gbr 8. berupa lengkungan: mengenai kehidupan sosial/hubungan sosial

mungkin kamu bertanya-tanya apa fungsi tes melengkapi gambar di atas, dan apakah tes di atas sebenarnya adalah untuk mencari tahu siapa diantara peserta yang paling pintar menggambar atau tidak, ternyata tes di atas bukan untuk mengetahui kemampuan menggambar melainkan hal tersebut merupakan salah satu cara dari beberapa cara yang digunakan oleh psikolog untuk mengetahui kepribadian dari cara menggambar.

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa tes menggambar ini tidak memerlukan kemampuan menggambar, melainkan hal ini hanya suatu cara bagi seorang penguji/psikolog untuk mengetahui kepribadian kamu dari cara menggambar dan apa yang kamu gambar.

Berikut Rahasianya:

Tes Wartegg mengharuskan peserta untuk melengkapi gambar yang terdiri dari 8 gambar, 4 diantaranya berupa garis lurus (Gambar III, IV, V, dan VI) dan empat lainnya berupa garis lengkung (Gambar I, II, VII, VIII).

Yang perlu di ingat adalah untuk garis lengkung, sebaiknya kamu gambar benda hidup dan untuk garis lurus yang kaku sebaiknya kamu gambar benda mati. Jika kamu gambar terbalik, misal garis lurus digambar dengan bunga, hewan dan sebagainya atau garis lengkung digambar dengan mobil, mesin dan sebagainya, hal ini menandakan “ada yang salah” dengan jiwa atau kepribadian kamu…

Selanjutnya dari cara menggambar pun bisa kelihatan kepribadian seseorang misal: jika saat mengambar kamu terlalu sering menghapus atau kotor menandakan bahwa kamu adalah orang yang peragu atau tidak terencana dan jika kamu gambar terlalu kuat untuk garis yang seharusnya lembut berarti kamu termasuk orang yang keras kepala…

Apa yang kamu gambarpun juga menunjukan kepribadian atau kemampuan IQ kamu. Kalo kamu gambar sesuatu yang “biasa saja dan umum” tentu penilaian tingkat kecerdasannya akan berbeda dibanding jika kamu menggambar “sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain dan berwawasan”

Contoh gambar jadi, dan bisa dicontoh oleh temen2 adalah gambar berikut:

 

Nah untuk test Wartegg ini, dari sumber lain ada yang menyebutkan kalo Anda berjenis kelamin laki2, gambarlah terlebih dahulu untuk 4 urutan pertama, potongan gambar ber’garis’ atau kotak! Gambarnya seperti apa? yg berbau2 cowok. Misal gambar pisau, komputer, mobil, pistol, dll. Empat gambar lainnya yg melengkung atau bulat, urutkan di 5678 (urutan bebas), dgn gambar2 melankolis, atau berbau cewek. Misal gambar bunga, bulan, perhiasan, boneka, payung, dsb.

3. EPPS = Edwards Personal Preference schedule; Alat tes yang mengukur kepribadian orang dilihat dari kebutuhan-kebutuhan yang mendorongnya (16 faktor).
Tes ini biasanya menanyakan apa yang akan kamu lakukan pada suatu keadaan,setiap soal ada 2 pilihan jawaban. Terdiri dari banyak pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban. Tugas Anda hanya memilih satu dari 2 jawaban tersedia yg lebih menggambarkan Anda. Dan ini soalnya biasanya banyak banget, rata – rata ada 250an soal, contoh:

– A. Saya suka memuji orang yang saya kagumi
B. Saya ingin merasa bebas untuk melakukan apa saja yang saya kehendaki
– A. Saya merasa bahwa dalam banyak hal saya kalah dibandingkan orang lain
B. Saya suka mengelakkan tanggung jawab dan kewajiban-kewajiban

Mending jujur aja, daripada diakal2in ntar malah jadi pribadi orang lain.. Biasanya dari sini keliatan, Anda cenderung tipe orang seperti apa.. Ekstrover, pemalu, tipe pemimpin, tipe ambisius, tipe doyan seks, dsb. Jawab dengan spontan, gak usah dibaca berulang2.. Biarpun gak ada batasan waktu, tp kalo udah baca lebih dari sekali, biasanya malah pusing sendiri.
Semua yg ada di rangkaian tahap II outputannya adalah gambaran Kepribadian dari subjek.. mulai dari sifat, emosi, dan kualitas individu dibanding individu lain..

4.DAM&BAUM = Draw A Man Tes (Tes Gambar Orang); Untuk mengetahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja

Dimana kamu akan dikasih kertas kosong dan diberi perintah untuk bikin gambar pohon, trus dikertas lainnya gambar orang, di kasih kertas lagi di suruh gambar pohon, orang, & rumah. ini juga termasuk dalam test kepribadian. (gw pernah kaya gini… )

Gambar orang disebut DAM (Draw a Man Test). Tes ini mengharuskan Anda untuk menggambar sesorang(bukan kartun, bukan sketsa), lalu dijelasin usianya brp, jenis kelamin, dan sedang ngapain. Tes ini dipergunakan untuk mengatahui tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan dan ketahanan kerja.

Lengkapi dgn tangan dan kaki
Kalo disuruh gambar secara utuh sepertinya udah pada tau, jadi harus terlihat benar2 manusia lengkap. Ada mata, hidung, mulut, telinga, alis, rambut, kaki, tangan, dsb. Posisi jg terserah, mo duduk, berdiri, berbaring, hadap kanan, hadap kiri. Yang penting, gambarlah sesuai JENIS KELAMIN Anda! Kalo Anda cowok, gambarlah seorang pemuda/pria/Anda sendiri dlm berapa tahun ke depan. Begitupula kalo Anda cewek. Gambarkan sosok dia yg terlihat BERPROFESI. Misal kalo menggambar seorang manajer, ya pakaiannya jas, kemeja, dasi, sepatu. Atau Atlit ya pake singlet sambil bawa bola basket misal. Kalo petani, ya sambil bawa cangkul dan pake topi.

Test BAUM, Gambar Pohon biasanya ada instruksi dilarang menggambar pohon cemara, pisang, kelapa, dan umbi2an.. Satu lagi nih larangan kali2 pengawas gak nyebutin.. Jangan gambar BERINGIN! Bukan karena beringin itu mudah digambar, tp lebih karena sifat beringin udah dianggap sangat ideal untuk seseorang. Jadi kalo Anda gambar beringin, Anda hanya akan dianggap terlalu sempurna.. Gambarlah pohon2 berkambium alias berkayu, dan berbiji belah alias punya buah.. Contoh pohon yg biasa digambar yaitu pohon mangga, nangka, Apel, jambu, dll. Sama seperti orang, pohon jg harus digambar lengkap. Mulai dari dahan, batang, ranting, daun, akar, serta buah. Gambar batang yg cukup besar dan terkesan kuat, ini menggambarkan Anda seorang yg kuat, dengan daun2 lebat/rindang, artinya Anda menaungi orang2 di sekitar dan di bawah Anda, tinggi menjulang artinya Anda adalah seorang pembelajar yg mempunya cita2 dan harapan, akar yang kuat, artinya Anda juga punya pegangan hidup dan pendirian, serta buah yang menyimbolkan bahwa sesukses apapun Anda, Anda tidak melupakan orang2 di sekitar Anda.

Test ini termasuk dlm test Grafis. Klo kamu gak bisa gambar, gak usah kuatir, karena yg dinilai bagus atau tidaknya gambar tsb. yg di liat tuh, besar-kecil gambar, tarikan garis (tegas atau tidak atau patah2), letak gambar (kanan-kiri, atas-bawah, atau center) biasanya testee juga nanya klo gambar pohon, itu pohon apa??? klo orang dia lagi ngapain, trus jenis kelaminnya apa?, klo yg disuruh gambar orang, rumah, & pohon, itu untuk melihat keselarasan orang tersebut menghadapi dua aspek rumah & pohon. Tiap2 gambar ada artinya

5. RM = The Rothwell Miller; Untuk mengetahui minat seseorang terhadap jenis pekerjaan

6. PAPI Kostick; Alat ini menjabarkan kepribadian dalam 20 aspek yang masing-masing mewakili need atau role tertentu, tinggi rendahnya need atau role tertentu mempunyai arti yang spsesifik, konfigurasi yang diperoleh adalah gambaran dari pilihan testee yang bermuatan need atau role dan dibandingkan dengan need atau role lain dalam keseluruhan system kepribadian berdasarkan persepsi testee atas dirinya sendiri.

Namun demikian, tes psiko hanyalah merupakan suatu alat buatan manusia untuk mengetahui kepribadian seseorang secara umum saja.

Kesimpulan yang dihasilkannya boleh jadi berbeda dengan kepribadian yang sesungguhnya. Hal ini diakui oleh para psikolog sendiri bahwa tidak ada satu pun tes di jagad raya ini yang benar-benar akurat dapat menilai kemampuan dan kepribadian seseorang.

 

 

Sample Psikotest Online
Bahasa Indonesia:

http://bursa-kerja.ptkpt.net/_karir….iapan-psikotes

ikhsan270295
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=111011

Categories: Elangtakbersayap, Ilmu Pengetahuan, Lain-lain | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “ARTI& TUJUAN PSIKOTES GAMBAR

  1. thanks atas like y

  2. Berguna banget broo ulasannua

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: