KIAT-KIAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MUDAH


Setelah semaleman sibuk Interview Tugas Fisika, ditunggu deadline untuk Buletin Pengembara, belum lagi Makalah Pendidikan MIPA dan tugas kantor dan Organisasi.

Alhamdulillah setelah sholat jum’at hari ini bisa kembali menulis walaupun sebetulnya koneksi internet tidak lancar. (beneran nggak ngalay alias lebay) ampuuun dech…tumben-tumbennya bandwitch y kaga karuan.

Kok malah ngomongin Bandwitch y.

KIAT-KIAT BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MUDAH yang artikel inilah yang akan saya posting, nggak sengaja setelah nyari-nyari data OSN Matematika , saya malah nyasar ke web dunia belajar .

Dibawah ini cuplikan artikelnya.. Selamat membaca & Semoga Bermanfaat.

Tidak dipungkiri bahwa pelajaran matematika banyak ditakuti oleh siswa mulai dari SD sampai SMA, bahkan sampai mahasiswa-pun kadang kesulitan belajar matematika. Anda termasuk di dalamnya…? Silahkan baca paparan berikut……..!

Belajar matematika ibarat memanjat pohon harus dimulai dari bawah, tidak langsung naik sampai puncak. Memanjat harus pelan-pelan mulai dari paling bawah, jika bagian bawah belum diinjak secara sempurna jelas mustahil untuk bisa menginjak yang atasnya. Jika hal ini dipaksakan kemungkinan besar akan terjatuh. Begitu pula dengan belajar matematika, jika konsep yang paling bawah belum dikuasai maka konsep berikutnya akan sulit dikuasai.

Maka dari itu untuk bisa belajar matematika sudah seharusnya konsep-konsep dasar matematika harus dikuasai terlebih dahulu. Konsep-konsep dasar mayoritas diajarkan di sekolah dasar (SD). Mayoritas anak-anak yang Matematika saat SD kesulitan pada jenjang SMP juga lebih merasa kesulitan.

Sebetulnya konsep matematika itu sangatlah mudah tanpa harus menghafal, cukup dipahami dan dimengerti. Salah satu contohnya ketika mendapatkan konsep dasar tentang penjumlahan yang diajarkan kelas 1 SD. Ketika kelas 1 SD diajarkan 1+1=2, 2+3=5 dan seterusnya, maka anak tidak perlu menghafal sampai ribuan. Ketika konsep ini dikuasai jelas anak akan mudah untuk menghitung bilangan-bilangan yang lebih tinggi. Tanpa menghafal siswa bisa menjumlahkan bilangan 2000 dan 5000 atau yang lainnya. Apakah anak perlu menghafal 2000+5000=7000…..? jawabannya pasti tidak….! inilah mudahnya belajar matematika, cukup memahami konsep tidak perlu menghafal.

Untuk itu jika kita ingin bisa belajar matematika secara mudah, maka sudah sepantasnya saat sekolah dasar konsep-konsepnya harus kita kuasai terlebih dahulu. Karena konsep-konsep saat SMP tidak lepas dari konsep yang diajarkan saat SD.

Berikut kiat belajar matematika yang efektif :

Saat di sekolah (SMART) :

  1. Siapkan pelajaran dengan baik. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan membawa perlengkapan belajar dan telah mengerjakan PR.
  2. Menyimak uraian guru dengan baik dan penuh konsentrasi. Sampai sekarang saya yakin semua orang masih ingat materi kelas 1 SD, tidak perlu dihafal kitapun akan selalu bisa untuk menghitung penjumlahan. Mengapa ini terjadi….? karena saat kelas 1 SD mayoritas siswa masih mau memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru. Tetapi ketika sudah mulai menginjak kelas 3 dan seterusnya, kadang saat guru menjelaskan uraian materi siswa lebih cenderung berbicara dengan teman atau tidak konsentrasi menerima pelajaran (melamun, main sendiri, dsb) sehingga uraian yang diberikan guru tidak sepenuhnya diterima. Ini menyebabkan konsep tidak bisa dipahami sempurna, yang mengakibatkan konsep berikutnya akan lebih sulit diterima.
  3. Aktif bertanya jika ada uraian guru yang tidak jelas
  4. Rajin mengerjakan tugas. Dengan seringnya berlatih mengerjakan soal pada pelajaran matematika, maka akan semakin memudahkan untuk memahami suatu konsep. Karena pada dasarnya matematika akan mudah diingat dan dipahami dengan banyak latihan mengerjakan soal.
  5. Tuliskan rangkuman apa yang sudah diampaikan oleh guru.

Saat di rumah (CERDAS) :

  1. Catat teori, rumus dan konsep matematika. Untuk memudahkan dan mengingat, tempelkan catatan rumus pada tempat yang strategis (depan meja belajar) sehingga bisa dibaca kapan saja.
  2. Efisien menggunakan waktu belajar
  3. Rajin mengerjakan soal-soal latihan
  4. Disiplin belajar, terartur, dan koefisien
  5. Aktif bertanya pada teman yang lebih pandai atau orang lain yang lebih menguasai.
  6. Serahkan kepada Allah SWT dengan perbanyak berdo’a

Demikian kiat belajar matematika yang dirangkum dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi. Semoga bisa dijadikan sebagai referensi dalam mempelajari matematika. Sehingga anggapan matematika sulit tidak akan muncul kembali pada diri kita.

 

Hmm gimana??? nilai aja sendiri hee🙂. Oke Postingan Siang hari ini sampai disini. Saya siap-siap cari makan , dari tadi belum makan😦😦.

Keep Smile🙂🙂 Semoga Bermanfaat.

Categories: Elangtakbersayap, Ilmu Pengetahuan, Matematika, Tugas Kuliah | Tags: | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: