PULOSARI Iam Caming….


Dari Kampus Tercinta SMKN 1 Cilegon… Naik mobil sewaan alias Truk milik lelaki yang berbadan gendut yang kerap kali dipanggil mang Ei, kami dari Ekstrakulikuler Pecinta Alam yaitu AMPALAN ADVENTURE TEAM melakukan perjalanan acara Pendakian Gn. Pulosari- Pandeglang.

Route yang kami ambil yaitu dari Cilegon, rombongan melaju kearah Kota Pandeglang tanpa henti dan terus tancap gas menuju desa Par
i , Stop mang….Ciiiiiiiiiiiiiiiiiiet..belok kiri ± 4 meter mobilpun berhenti di depan Warung Emak yaitu titik awal pos pendakian Pulosari yang sering kami lakukan.
Gunung Pulosari memiliki ketinggian ± 1346 Mdpl terletak di Pandeglang Banten. Disini kita akan disuguhkan berbgai keindahan alam yang ada di Gunung Pulosari, yaitu Curug Putri dan Kawah Gunung yang mengeluarkan asap belerang.
Setelah tiba di pos awal pendakian, dimana pos pendakian ini hanyalah sebuah bale warga yang biasa digunakan oleh penduduk sekitar untuk berkumpul. Kita akan dikenakan biaya sebesar Rp.( kalo harga sekarang belum tahu..heee) / orangnya untuk melakukan pendakian baik hanya sampai curug Putri maupun sampai kawah atau Puncak Pulosari.

Dari pos awal kami melakukan perjalanan menuju Curug Putri, Alhamdulillah pihak masyarakat di Pulosari membuat conblok memudahkan route para pendaki menuju Curug, walaupun hanya beberapa meter. Anggap aja bonus trek. Heee. Menuju Curug Putri akan melewati jalur landai dan disepanjang jalur adalah ladang kebun penduduk sekitar. Selama berjalanan akan ditemani suara air dari dalam bambu, pertanda disanalah ada curug. Setelah berjalan kurang lebih 1,5 jam, kita akan tiba di Curug Putri. Terdapat gubuk kecil didekat Curug Putri ini.
Di Curug Putri ini kita akan merasakan kesegaran dan keindahan dari Curug Putri, tapi saying tidak seindah dulu pertama kali saya berkunjung di Gn. Pulosari (2007). Setelah melepas lelah dan mengisi persediaan air. Karena di Kawah tidak ada sumber air , kalaupun ada air kawah rasanya agak asem pahit. Paling sekedar buat cuci Alat tempur makan aja heee .
Kami melakukan perjalanan kembali . Tujuan kami selanjutnya adalah Kawah Pulosari….” awaaaaas…jalannya Liciin..” ujar kami. Yah, disekitar Curug ini batunya sangat licin. Untuk menuju Kawah harus naik melewati bebatuan licin. Selain licin jalur ini sedikit curam.
Untuk sampai ke Kawah membutuhkan waktu sekitar 1 jam – 2 jam (tergantung kondisi). Sebelum sampai di kawah ada jalur pendakian yang ditutup dengan pohon tumbang. Kita ambil jalur lurus menuju pohon besar yang udah tumbang.
Disekitar pohon tumbag ini , hidung ini akan segera mencium bau belerang yang sedikit menyengat. Pertanda kawah tidak jauh lagi.
Akhirnya sampai juga dikawah pulosari. Dikawah banyak tempat untuk mendirikan tenda. Bisa didirikan didekat kawah atau agak sedikit jauh dari kawah.
Para pendaki melakukan Camp I untuk melepas lelah setelah sekian lama melakukan perjalalanan, tapi terkadang ada juga yang langsung menuju puncak.
Untuk menuju Puncak Pulosari dari kawah, ada 2 jalur yaitu vertical dan horizontal. Saying sekali jalur vertical sudah tidak bisa digunakan lagi. Karna jalurnya rusak dan mudah longsor.
Jalur yang kita ambil yaitu jalur Horizontal. kita harus melalui jalur sebelah kanan kawah. Dan jalan menuju Puncak sudah mulai sedikit curam dengan beberapa tanjakan-tanjankan dan berpegangan pada akar-akar pohon untuk mendaki. Perhatikan jalan apabila menuju Puncak, karena hanya berupa jalan setapak dan disebelah kanan kita adalah jurang.

Setelah mendaki kurang lebih 30 menit menurut stopwatch saya heee…, maka kita akan dapat merasakan pesona Puncak Pulosari. Dipuncak Pulosari Ada tiang pemancar. Dan disini kita juga bisa medirikan tenda untuk ngecamp. Namun tidak banyak tempat-tempat untuk mendirikan tenda. kalo di puncak ramai paling buat tendanya di jalan-menuju puncak.
semoga bermanfaat cerita dari saya.

Mubarok akil Elang tak bersayap.

Categories: Adventure, Pecinta Alam | 1 Komentar

Navigasi pos

One thought on “PULOSARI Iam Caming….

  1. Ping-balik: CATATAN AMPALAN « elang tak bersayap

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: