Penomoran pada halaman dengan format yang berbeda dalam satu file di Microsoft Word 2007


Akhir-akhir ini saya banyak tugas membuat Makalah.terkadang saya mengalami kesusahan dalam penomoran pada halaman , kali ini saya akan share sama teman-teman khususnya yang sama – sama lagi kebingungan atau kesusahan dalam membuat penomoran pada Makalah, buku, skripsi atau apalah dan umumnya bgi para pembaca, yang hingga saat ini masih memakai cara manual..🙂🙂 Saya akan share trik penomoran pada halaman dengan format berbeda dalam satu file Ms. Word 2007..Monggo di baca dan praktikan..

Selamat mencoba…🙂

Membuat sebuah Makalah, skripsi, proposal atau apalah namanya yang berupa naskah dengan banyak halaman, biasanya disertai dengan halaman daftar isi yang memuat topik atau bahasan yang ada dalam buku atau skripsi tersebut dan dicantumkan juga nomor halaman atau dalam bahasa inggris page number….🙂

Dalam aturan pemberian nomor halaman terdapat dua format nomor halaman, yaitu format nomor halaman dengan angka romawi kecil yaitu i,ii,iii dst yang dicantumkan pada halaman judul, pengesahan, daftar isi atau kata pengantar. Sedangkan penomoran halaman dengan menggunakan angka standart yaitu 1,2,3,dst. diberikan pada halaman Bab I Pendahuluan dst.

Dan biasanya aturan letak memberikan nomor halaman juga berbeda. Halaman judul sampai dengan kata pengantar yang menggunakan angka romawi kecil biasanya terletak di bagian footer dan center.

Sedangkan halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menggunakan angka standart dan nomor halamannya terletak pada footer sebelah kanan (right) kecuali pada setiap halaman BAB berada pada header ( atas) sebelah kanan.

Untuk mengatur seperti tersebut diatas, biasanya penulis atau yang ngetik naskah membagi menjadi dua atau tiga file yang terdiri dari file yang berisi halaman judul dan satunya lagi file dengan halaman dengan nomor angka standart (BAB I, dst). Namun hal tersebut dapat kita jadikan menjadi satu file saja yang terdiri dari halaman dengan nomor romawi dan halaman dengan nomor angka standart. Untuk itu anda harus membuat section break. Dan berikut ini caranya :

Ketik semua naskah Makalah, proposal, laporan dan sebagainya. Untuk membuat nomor halaman romawi pada halaman judul sampai kata pengantar, klik insert, pada group menu Header&Footer klik Page Number kemudian pilih Bottom of page dan pilih Plain number 2

Image

 

 

Maka halaman 1 akan terlihat pada halaman judul. Untuk merubah angka standart menjadi angka romawi, klik pada page number dan pilih Format page numbers.

Image

 

 

 

 

 

 

 

Pada number format pilih i,ii,iii,…. Dan klik OK, maka nomor halaman akan berubah dari angka 1 menjadi i (angka romawi 1)

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sampai disini semua halaman menggunakan angka romawi kecil.Untuk membuat halaman BAB I Pendahuluan dan seterusnya menjadi angka standart dimulai dari angka 1 tanpa merubah format nomor halaman sebelumnya, maka halaman BAB I harus dibuat section break. Caranya adalah letakkan kursor pada halaman BAB I atau halaman yang nomor halamannya akan dirubah. Kemudian klik Ribbon Page Layout, dan klik Breaks pada group menu Page setup. Kemudian klik atau pilih Next page. Sampai disini new section break telah terbentuk.

Image

Klik ganda pada Footer / nomor halaman BAB I, pada ribbon design, group menu navigation, nonaktifkan tombol Link to previous. Klik tombol tersebut sehingga tidak berwarna kuning lagi.

Image

 

 

 

 

Hapus nomor halaman tersebut, kemudian pada ribbon design, group menu Header&Footer klik page number. Dan pilih format page numbers.

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada number format ubah i,ii,iii,…. Menjadi 1,2,3,… kemudian pada pilihan start at pilih 1 dan klik OK.

Image

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sampai disini sudah berubah, yaitu halaman judul sampai dengan kata pengantar menggunakan format nomor halaman menggunakan angka romawi kecil sedangkan pada halaman BAB I Pendahuluan menggunakan nomor halaman angka standart.

Untuk pengaturan letak halaman pada prinsipnya menggunakan cara yang sama yaitu menghilangkan fungsi link to previous dan start at pilih secara manual halaman yang anda butuhkan.

Setelah pengaturan diatas, maka dalam satu file nomor halaman berbeda-beda formatnya, ada nomor halaman dengan format angka romawi i,ii,iii,… dan ada juga nomor halaman yang menggunakan angka standart / Arabic 1,2,3,…

Semoga tutorial ini berguna bagi anda semua.

Sumber Trik dari :ketikankomputer.blogspot.com

Sumber Gambar : Printscreen by Elangtakbersayap.wordpress.com

Categories: Elangtakbersayap, Ilmu Pengetahuan, Komputer, Lain-lain | Tags: , , | 2 Komentar

Navigasi pos

2 thoughts on “Penomoran pada halaman dengan format yang berbeda dalam satu file di Microsoft Word 2007

  1. jarotmawardi

    Terima kasih Mubarok… artikel yang bagus dan sangat membantu…

  2. sama – sama

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: