FUNGSI TERBILANG DI EXCEL PART 2


Pada Tulisan yang dulu saya juga pernah memosting tentang Fungsi Terbilang di Ms. Excel. Tulisan kali ini saya buat karena berwal dari Adu Komen di Group Facebook…Heee : asalkan jangan Adu Domba ja.. haaa..🙂 kasian Pengembalanya.

Fungsi terbilang yang dulu saya Posting menggunakan bahasa VBA (Visual Basic for Application) waduh…gak mudeng makanan macam apa nih…haaa Kidding….Makanan ja yang ada di Otak padahal makanan adanya di perut yah..??? Jaka Sembung bawa golok gak nyambung Barok….🙂🙂

Klik disini untuk melihat Fungsi terbilang di Ms. Excel Part 1

Yah, lanjut Tulisan yang akan saya share, di Membuat Fungsi Terbilang Part 2 yaitu menggunakan cara dari Web Wahidhasan.com thanks Gan, sebelumnya.

Yaudah langsung aja ke TKP ja takut ketinggalan kereta….zesguzesguzes tuuuuuuuuuut….

Langkah-langkah untuk membuat teks terbilang di Ms. Excel 2007 sebagai berikut :

1. Pertama-tama download file terbilang.xla yang merupakan excel add in klik disini untuk download   atau Klik Fungsi Terbilang.xla

2. Simpan file tersebut pada lokasi yang tidak berubah-ubah, misalnya di drive D. Kalau bisa jangan di simpan di drive C, siapa tahu suatu saat komputer Anda error atau terkena Virus dan ujung-ujungnya diformat atau di Install Ulang….

3. Sekarang buka program Microsoft Excel dari start menu

Image

4. Selanjutnya di Toolbar cari Customize Quick Access Toolbar lalu Klik More Commands , waduh dimana yah…Gak ketemu nih …??? Klo Pusing bisa langsung klik Office Menu (Tombol bulat di pojok kiri) kemudian Excel Option.

Image

Cara menggunakan Customize Quick Access Toolbar

Image

Dari Office Menu

5. Setelah itu akan muncul menu Excel Option, pilih Add-Ins. Setelah kita klik Add-Ins, pada bagian bawah ada tulisan “Manage : Excel Add-Ins”, lalu klik GO.

Image

6. Selanjutnya dilayar komputer anda akan muncul form baru yang berisi Add-Ins bawaan Excel. Nah yang akan kita lakukan sekarang adalah memasukkan add-in terbilang.xla yang anda download tadi ke dalam Microsoft Excel 2007.

Image

7. Klik tombol Browse sehingga akan mucul kotak dialog baru. Arahkan ke lokasi tempat kita menyimpan file terbilang.xla. Setelah itu klik OK.

Image

8. Pastikan add-in terbilang muncul dalam list add in dan dicentang. Instalasi selesai.

Image

Berse dech eh Berses maksud saya Heee :, settingnya , eitttt…jangan kemana -mana dulu, sekarang waktunya Uji Coba di Ms. Excel anda. Sekarang kita akan mengaplikasikannya dalam worksheet.

Mau jalan mana..?? Jalan biasa apa Jalan Tol ??? Ayo..Pilih yang mana…???
Pake Jalan Biasa pastinya lama, tapi untuk belajar kenapa gak dicoba..hee :

– Jika anda ingin langkah yang lama, anda bisa memulainya dengan Klik Formulas lalu Klik Insert Function.
– Pada dialog Insert Function ubah kolom “or select a category” yang tadinya “Most Recently Used” menjadi “User Defined” dengan cara klik tombol scroll di sebelah kanannya

Image

– Pilih function Terbilang setelah mucul pilihan Isi, Ratusan dan Terbilang, kemudian klik OK.

Image

– Arahkan pada cell yang ingin kita terjemahkan menjadi terbilang dengan klik tombol sebelah kanan kolom NNumber. Setelah itu tekan OK atau enter.

Image

– Lihat dech Hasilnya..Berhasilkan…😀

Image

– Kalau anda ingin lewat jalan Tol tentunya sangat cepat, caranya tuliskan saja =terbilang(sel)
Sel atau Cell bisa anda ubah sesuai posisi angka yang anda maksud. Contoh : =terbilang(A1)

ImageImageImage

Ada yang tanya ??? ❓ ❓ ❓

Pertanyaan :

Kalo supanya ada tulisan rupiah nya gimana?? Kebetulan saya tidak hanya untuk membuat Transkrip Nilai atau raport siswa tapi buat Kuitansi juga…???

Contohnya kasusnya kayak Gini

Image

gimana cara menyelesaikannya??

Jawab :


– Waduh..justru itu saya belum bisa agar Rp bisa terbaca rupiah secara langsung, tapi jangan bersedih dulu.. :( 😦 ada cara lain agar kata rupiah itu muncul di akhir kalimat kita bisa tambahkan rumus &” Rupiah” (menggunakan tanda kutip) kemudian klik OK.

Image

Penulisan kata Rupiah setelah tanda ” (kutip) diberi spasi supanya hasilnya tidak seperti pada gambar di bawah ini :

Image

Sekali lagi Rumusnya adalah :

Contoh : =terbilang(A1)&”Rupiah”

Image

Demikianlah cara untuk membuat Fungsi Terbilang pada Ms. Excel. Semoga bermanfaat.😛

Oleh : Mubarok akil

Categories: Elangtakbersayap, Ilmu Pengetahuan, Komputer, Lain-lain | Tags: , , , , , , | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “FUNGSI TERBILANG DI EXCEL PART 2

  1. wah sip… makasih mas bro…

  2. jempot2office

    tengkiyu atas tutorialnya dan juga link downloadnya.

  3. sama-sama , mkasih neh dah main kmari

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: