Tema dan Topik


Nama               : Mubarok

NIM                : 111-0203-0045CB

Jurusan            : Pendidikan Matematika

Mata Kuliah    : Bahasa Indonesia

Topik : SAMPAH
Tema : PENGELOLAAN SAMPAH

UPAYA PENGELOLAAN SAMPAH

Jika berbicara mengenai sampah tentunya tidak ada akhirnya, setiap hari kita pasti menghasilkan sampah. Tanpa kita sadari kita belanja ke pasar tentunya membawa kantong plastik, jika tidak dikelola oleh kita tentunya akan menjadi sampah. Coba kita lihat dipasar-pasar tradisional, begitu banyak sampah-sampah bahkan hingga menggunung. Jika hal tersebut tidak dikelola oleh instansi terkait dapat menimbulkan dampak-dampak buruk.

Kesadaraan masyarakat umum mengenai Pengelolaan sampah sangatlah minim baik itu dilingkungan pedesaan maupun perkotaan. Tentu masyrakat tahu dampak dari sampah tersebut jika tidak ditangani secara khusus, dari sampah tersebut berdampak terhadap kesehatan, lingkungan atau keindahan. Pengelolaan sampah juga dilakukan untuk memulihkan Sumber Daya Alam (SDA). Pengelolaan sampah bisa melibatkan zat padat , cair , gas , atau radioaktif dengan metoda dan keahlian khusus untuk masing masing jenis zat.

Dalam Prakteknya pengelolaan sampah berbeda beda antara Negara maju dan negara berkembang , berbeda juga antara daerah perkotaan dengan daerah pedesaan , berbeda juga antara daerah perumahan dengan daerah industri. Pengelolaan sampah yang tidak berbahaya dari pemukiman dan institusi di area metropolitan biasanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, sedangkan untuk sampah dari area komersial dan industri biasanya ditangani oleh perusahaan pengolah sampah.

Metode pengelolaan sampah berbeda – beda tergantung banyak hal , diantaranya tipe zat sampah , tanah yg digunakan untuk mengolah dan ketersediaan area. Proses pengambilan barang yang masih memiliki nilai dari sampah untuk digunakan kembali disebut sebagai daur ulang. Ada beberapa cara daur ulang , pertama adalah mengambil bahan sampahnya untuk diproses lagi atau mengambil kalori dari bahan yang bisa dibakar utnuk membangkitkan listik. Bahkan sekarang ini banyak sekali metode – metode baru dari daur ulang terus ditemukan dan dikembangkan.

Manfaatkan sampah, jangan baiarkan sampah berserakan dilingkungan kita. Rumah yang bersih tanpa sampah bukanlah rumah yang hebat, jika sampah rumah kita tersebut kita buang di pinggir jalan atau di lingkungan orang lain. Akan tetapi rumah yang hebat adalah rumah tangga yang memanfaatkan sampah di rumahnya.

Dikutip dari sebuah artikel :Muhammad Nurdin

Categories: Tugas Kuliah | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: